1 March 2011

Menonaktifkan Hibernate

Tahukah kamu bahwa Windows memiliki dua mode power managemen, yang pertama adalah Sleep Mode dan yang kedua adalah Hibernate Mode, pada Sleep Mode PC/Laptop memanfaatkan daya minimal untuk menjaga PC/Laptop agar tetap hidup, sedangkan Hibernate Mode tidak memanfaatkan daya sama sekali. Perbedaannya, pada Sleep Mode keadaan windows disimpan pada memori sedangkan pada Hibernate Mode keadaan windows disimpan pada sebuah file bernama hiberfil.sys.
Fungsi dari kedua power managemen ini sama, yaitu menjaga agar windows dalam keadan idle, sehingga ketika kita membutuhkan windows dalam waktu cepat, memakai sleep mode/hibernate mode adalah pilihan yang bijak. Salah satu manfaat menonaktifkan hibernate adalah space hardisk jadi lebih lapang.

Apa itu hiberfil.sys

Merupakan satu dari sekian banyak file system windows, berfungsi untuk menyimpan current state (memory)/keadaan dari PC/Laptop, hiberfil.sys terletak di drive root Windows, misal install Windows di drive C, maka file hiberfil.sys terletak di c:/hiberfil.sys.
Ukuran file hiberfil.sys tergantung seberapa besar RAM yang terinstall di PC/Laptop, semakin besar ukuran RAM maka semakin besar file hiberfil.sys. Sebagai contoh, gambar diatas adalah ukuran hiberfil.sys laptop saya yang memiliki RAM sebesar 2 Gb.

Nonatifkan Hibernate Mode pada Windows Vista atau 7

Untuk menonaktifkan hibernate pada windows vista atau 7 caranya sebagai berikut :
  • Jalankan command prompt dengan level administrator.
  • Pada jendela command prompt ketikkan :
Powercfg –h off
  • Voila, sekarang mode hibernate telah dinonaktifkan.

Nonatifkan Hibernate Mode pada Windows XP

Cara menonaktifkan Hibernate Mode pada Windows XP sebagai berikut :
  1. Start > Control Panel > Power Option.
  2. Pilih tab Hibernate, kemudian hilangkan tanda centang pada Enable hibernation.
  3. dan pilih OK.

Semoga bermanfaat

Download as Word
Download as PDF

Source: http://komputerblog.com/2010/09/17/menghapus-hiberfil-sys/

No comments:

Post a Comment